A. Pengertian
Perusahaan
Perusahaan adalah kesatuan teknis yang
bertujuan untuk menghasilkan barang/jasa. Perusahaan disebut juga sebagai
pabrik atau tempat mengolah sumber2 ekonomi untuk menghasilkan barang dan jasa.
Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan, yakni
mencapai keuntungan.
B. Tempat Kedudukan perusahaan
adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan
pada umumnya dipengaruhi factor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga
lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.
C. Letak Perusahaan
Letak perusahaan sering pula
disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan melakukan
kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan dapat
diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.
Jenis-jenis Letak perushaan dibedakjan menjadi 4 macam yaitu :
- Letak
perusahaan yang terkait dengan alam yaitu . letak perusahaan yang pada
umumnya karena ketersediaan dan kemudahjan bahan baku. Perusahaan berkaitan
dengan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak daerah factor produksi
alamnya, seperti perusahaan timah, emas , timah sdan sebaginya.
- Letak
perusahaan berdasarkan sejarah, yaitu perusahaan menjalankan aktivitasnya
di suatu daerah tertentu karena aklasan yang hanya dapat dijelaskan
berdasarkan sejarah. Misalnya perusahaan batik banayk di didirkan di
Yogyakarta, Solo dan sebagainya.
- Letak
perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu, perusahaan ditetapkan
letaknya atas peraturan pemerintah den\mi keamanan, kesehatan
danlingkungan. Misalnya, peternakan ayam tidak boleh ditengah-tengah
pemukiman atau kota padat penduduk dan sebagainya.
- Letak
perusahanyang dipengaruhi Faktor-faktor Ekonomi yaitu pemilihan letak yang
bersifat industri adalah kedekatan dan kes\teresediaan bahan mentah.
Tenaga kerja. Ketersediaan modal kemudahan transportasi serta dekat pasar
dan kesesuaian iklim
D. Tujuan Pendirian Perusahaan
Secara
umum tujuan pendirian peruisusahaan dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu :
- Tujuan
Ekonomis : berkaitan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan
eksistensinya, dlama hal ini perusahaan meciptkan lba, menciptakan
pelanggan dan menjalankan upaya-upaya pengembangan dnengan memusatkan
perhatiannya pada kebutuhan mansyarakt dalam produk yang iiinginkan
- Tujuan
Sosial: perusahaan diharpakan untuk memperhatiakan keiginan investor,
karyawan , penyedia factor-faktor produksi, maupun masayarkat luas.
E. Fungsi-fungsi Perusahaan
Dalam mencapai tujuan dikenal dua fungsi perusahaan yaitu fungsi operasi dan fungsi manajemen. Jika kedua fungsi ini dapat berjalan baik, maka
perusaaan akan dapat menjalankan operasinya dengan lancer , terkoordinasi,
terintegradi dalam mancapai tujuannya.
Yang
termasuk dalam fungsi operasi adalah :
1. Pembelian
dan Produksi
2. Pemasaran
3. Keungan
4. Personalia
5. akuntansi
6. Admnistrasi
7. Teknologi/komputasi
8. Transformasi
dan komunikai
9. Pelayanan
Umum
10. HUkum/perundang-undangan
dan Humas
Dari
semua fungsi yang tersebut di atas , fungsi pembelian dan fungsi pemasaran,
personalia dan keuangan merupakan fungsi opersasi utama perusahaa,
Fungsi-fungsi operasi lainnya merupajkan fungsi oiperasi penunjang.
Adapun
yang termasuk dalam fungsi manajemen
adalah :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. penarahan
4. pengendalian.
F. Ciri-ciri Perusahaan.
Ciri-ciri perusahaan mencerminkan kekhasan yang membuat perusahaan
bersangkutan mudah dikenali. Pada umumnya cirri-ciri perusahaan berkenaan
dengan variable-variabel sebagai berikut :
1. Operatif
yaitu dalam perusahaan dijumpai adanya kativitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan
proiduksi, penyedia ataupun pendiustribusian barang dan jasa.
2. Koordinatif
yaitu diperlukan koordinasi semua bagian dalam kegaitannya.
3. Reguler
adalah upaya mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan yang dapat mendukung
aktivitasnya agar dapat selalu bergerak maju.
4. Dinamis
yaitu Lingkungan yang selalu berubah-ubah
5. Formal
yaitu untuk memenuhi keadaan ini prusahaan harus terdaftar di lembaga
pemerintah secra resmi
6. Lokasi
yaitu letak perusahaan didirikan
7. Pelayanan
Bersyarat yaitu dlam menghasilakan barang dan jasa perusahaan terkait dengan
tujuannyadan dlam rangka memenuhi kebuthyhnan masayarkatdan bersedia konsumen
membelinya.
G. Perusahaan
Sebagai Suatu Sistem
System adalah suatu kesatuan dari
unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak
langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu system
karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung
atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan
jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan
masyarakat,maupun tanggung jawab social.
Kepada pemilik modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan
perusahaan.
Kepada lembaga peneliti => membantu pendanaan.
Kepada pekerja => membayar gaji dan memenuhi fasilitas
kerja.
Kepada konsumen => menyediakan B&J yang bagus.
Kepada pemerintah => membayar pajak.
H. Sifat
Sistem Perusahaan
Ada
beberapa sifat :
·
Kompleks
·
Sebagai suatu kesatuan / unit.
·
Sifatnya beragam.
·
Saling tergantung.
·
Dinamis
I. Lingkungan
Perusahaan
Keseluruhan
dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun
kegiatannya.
Pada
dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1.
Lingkungan Eksternal
Lingkungan
eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan
perusahaan.
Lingkungan
eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
A)
Lingkungan eksternal makro
Adalah
lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan
usaha. Contoh :
·
Keadaan alam => SDA, lingkungan.
·
Politik dan hankam => kehidupan
operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana
perusahaan berada => menciptakan.
·
Hukum
·
Perekonomian
·
Pendidikan dan kebudayaan
·
Social dan budaya
·
Kependudukan
·
Hubungan internasional.
B)
Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap
kegiatan usaha.
Contoh :
·
Pemasok / supplier : yang menunjang
kelangsungan operasi perusahaan.
·
Perantara, misalnya distribotur,
pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
·
Teknologi : yang berkaitan dengan
perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
·
Pasar, sebagai sasaran dari produk
yang dihasilkan perusahaan.
2.
Lingkungan Internal
Adalah
factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi
hasil produksi.
Contoh :
·
Tenaga kerja
·
Peralatan dan mesin
·
Permodalan (pemilik, investor,
pengelolaan dana)
·
Bahan mentah, bahan setengah jadi,
pergudangan
·
System informasi dan administrasi
sebagai acuan pengambilan keputusan.
Sumber :
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=letak%20perusahaan&source=web&cd=4&ved=0CD0QFjAD&url=http%3A%2F%2Fpksm.mercubuana.ac.id%2Fnew%2Felearning%2Ffiles_modul%2F93018-2-654567077217.doc&ei=fJG0Tsa7BtGxrAeD0a3TAw&usg=AFQjCNEDZlJJkAQEldxlaVtr1uRgxjFIrQ&sig2=8G218Ljndl4ASfEX61ynhghttp://studentsite.gunadarma.ac.id/felamimail/src/webmail.php
Tidak ada komentar:
Posting Komentar