Rabu, 09 November 2011

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan


A.  Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah kesatuan teknis yang bertujuan untuk menghasilkan barang/jasa. Perusahaan disebut juga sebagai pabrik atau tempat mengolah sumber2 ekonomi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan, yakni mencapai keuntungan.
B.  Tempat Kedudukan perusahaan
adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi factor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.
C.  Letak Perusahaan
Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.
Jenis-jenis Letak perushaan dibedakjan menjadi 4 macam yaitu :
  1. Letak perusahaan yang terkait dengan alam yaitu . letak perusahaan yang pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahjan bahan baku. Perusahaan berkaitan dengan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak daerah factor produksi alamnya, seperti perusahaan timah, emas , timah sdan sebaginya.
  2. Letak perusahaan berdasarkan sejarah, yaitu perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena aklasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Misalnya perusahaan batik banayk di didirkan di Yogyakarta, Solo dan sebagainya.
  3. Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu, perusahaan ditetapkan letaknya atas peraturan pemerintah den\mi keamanan, kesehatan danlingkungan. Misalnya, peternakan ayam tidak boleh ditengah-tengah pemukiman atau kota padat penduduk dan sebagainya.
  4. Letak perusahanyang dipengaruhi Faktor-faktor Ekonomi yaitu pemilihan letak yang bersifat industri adalah kedekatan dan kes\teresediaan bahan mentah. Tenaga kerja. Ketersediaan modal kemudahan transportasi serta dekat pasar dan kesesuaian iklim
D.  Tujuan Pendirian Perusahaan
Secara umum tujuan pendirian peruisusahaan dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu :
  1. Tujuan Ekonomis : berkaitan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya, dlama hal ini perusahaan meciptkan lba, menciptakan pelanggan dan menjalankan upaya-upaya pengembangan dnengan memusatkan perhatiannya pada kebutuhan mansyarakt dalam produk yang iiinginkan
  2. Tujuan Sosial: perusahaan diharpakan untuk memperhatiakan keiginan investor, karyawan , penyedia factor-faktor produksi, maupun masayarkat luas.

E.  Fungsi-fungsi Perusahaan
Dalam mencapai tujuan dikenal dua fungsi perusahaan yaitu fungsi operasi dan fungsi manajemen. Jika kedua fungsi ini dapat berjalan baik, maka perusaaan akan dapat menjalankan operasinya dengan lancer , terkoordinasi, terintegradi dalam mancapai tujuannya.
Yang termasuk dalam fungsi operasi adalah :
1.   Pembelian dan Produksi
2.   Pemasaran
3.   Keungan
4.   Personalia
5.   akuntansi
6.   Admnistrasi
7.   Teknologi/komputasi
8.   Transformasi dan komunikai
9.   Pelayanan Umum
10. HUkum/perundang-undangan dan Humas

Dari semua fungsi yang tersebut di atas , fungsi pembelian dan fungsi pemasaran, personalia dan keuangan merupakan fungsi opersasi utama perusahaa, Fungsi-fungsi operasi lainnya merupajkan fungsi oiperasi penunjang.
Adapun yang termasuk dalam fungsi manajemen adalah :
1.   Perencanaan
2.   Pengorganisasian
3.   penarahan
4.   pengendalian.

F.  Ciri-ciri Perusahaan.
Ciri-ciri perusahaan mencerminkan kekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan mudah dikenali. Pada umumnya cirri-ciri perusahaan berkenaan dengan variable-variabel sebagai berikut :
1.   Operatif yaitu dalam perusahaan dijumpai adanya kativitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan proiduksi, penyedia ataupun pendiustribusian barang dan jasa.
2.   Koordinatif yaitu diperlukan koordinasi semua bagian dalam kegaitannya.
3.   Reguler adalah upaya mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan yang dapat mendukung aktivitasnya agar dapat selalu bergerak maju.
4.   Dinamis yaitu Lingkungan yang selalu berubah-ubah
5.   Formal yaitu untuk memenuhi keadaan ini prusahaan harus terdaftar di lembaga pemerintah secra resmi
6.   Lokasi yaitu letak perusahaan didirikan
7.   Pelayanan Bersyarat yaitu dlam menghasilakan barang dan jasa perusahaan terkait dengan tujuannyadan dlam rangka memenuhi kebuthyhnan masayarkatdan bersedia konsumen membelinya.
G.  Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
System adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu system karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab social.

Kepada pemilik modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
Kepada lembaga peneliti => membantu pendanaan.
Kepada pekerja => membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
Kepada konsumen => menyediakan B&J yang bagus.
Kepada pemerintah => membayar pajak.
H.   Sifat Sistem Perusahaan
Ada beberapa sifat :
·         Kompleks
·         Sebagai suatu kesatuan / unit.
·         Sifatnya beragam.
·         Saling tergantung.
·         Dinamis

I.   Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1.   Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan.
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
A)    Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal  yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
·         Keadaan alam => SDA, lingkungan.
·         Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
·         Hukum
·         Perekonomian
·         Pendidikan dan kebudayaan
·         Social dan budaya
·         Kependudukan
·         Hubungan internasional.
B)     Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
·         Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
·         Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
·         Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
·         Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2.   Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
·         Tenaga kerja
·         Peralatan dan mesin
·         Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
·         Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
·         System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

Sumber :
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=letak%20perusahaan&source=web&cd=4&ved=0CD0QFjAD&url=http%3A%2F%2Fpksm.mercubuana.ac.id%2Fnew%2Felearning%2Ffiles_modul%2F93018-2-654567077217.doc&ei=fJG0Tsa7BtGxrAeD0a3TAw&usg=AFQjCNEDZlJJkAQEldxlaVtr1uRgxjFIrQ&sig2=8G218Ljndl4ASfEX61ynhghttp://studentsite.gunadarma.ac.id/felamimail/src/webmail.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar