Sabtu, 25 April 2015

BAB IV PELAPORAN PENGUNGKAPAN

Standar dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, undang-undang, berhubungan dengan politik dan ekonomi, tingkat perkembangan ekonomi, pendidikan, budaya dan faktor-faktor lainnya. Perbedaan pengungkapan nasional sebagian besar didorong oleh perbedaan pengelolaan dan keuangan perusahaan.

Ø  Pengungkapan akuntansi dipengaruhi oleh perbedaan tata kelola keuangan perusahaan disuatu Negara
1.      Pengungkapan sukarela
Manajer berinisiatif untuk mengungkapkan informasi secara sukarela. Manajer memiliki informasi yang lebih baik daripada pihak luar mengenai performa perusahaan saat ini dan kedepannya. Keuntungan dari pengungkapan tersebut mungkin menyangkut biaya transaksi yang lebih rendah dan perdagangan sekuritas perusahaan, bunga yang lebih tinggi dari analisis keuangan dan investasi, meningkatkan likuiditas saham dan biaya modal yang lebih rendah. Laporan terkini menyokong pandangan bahwa perusahaan bisa mencapai keuntungan merupakan tuntutan bagaimana perusahaan bisa menggambarkan dan menjelaskan investasi potensial kepada investor. Investor diseluruh dunia menuntut informasi yang mendetail dan berkala. Komunikasi manajer dengan investor luar tidak sempurna ketika manajer memiliki informasi kuat tentang perusahaan mereka, insentif manajer tidak sesuai dengan bunga dari semua pemegang saham, dan peraturan akuntansi dan audit tidak sempurna. Dengan demikian, pemilihan pengungkapan manajer mencerminkan keseluruhan akibat keperluan pengungkapan dan insentif mereka untuk menguraikan informasi.

2.      Kebutuhan pengaturan pengungkapan
Untuk melindungi investor, sebagian besar bursa sekuritas menentukan pelaporan dan kebutuhan penungkapan pada perusahaan domestic dan asing yang mencari akses untuk pasar mereka. Bursa ini memastikan bahwa investor memiliki informasi yang cukup untuk memperbolehkan mereka mengevaluasi kinerja dan prospek perusahaan.
Frost dan long mencatat, proteksi investor mewajibkan bahwa investor menerima informasi secara berkala dan diproteksi dengan pengawasan dan pelaksanaan. Pengungkapan yang menyeluruh dan dapat dipercaya akan meningkatkan likuiditas, mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan kualitas pasar secara keseluruhan.

Ø  Persoalan-persoalan penting yang memengaruhi keputusan manajemen untuk membuat pengungkapan keputusan
1.      Bukti-bukti mengindikasikan bahwa manajer perusahaan sering memiliki insentif yang besar untuk menunda pengungkapan berita buruk “mengatur” laporan keuangan mereka untuk memastikan kesan perusahaan yang lebih positif dari menekankan keadaan dan prospek keuangan perusahaan.
2.      Banyak Negara tidak mengawasi dan melaksanakan kebutuhan akan  “pengungkapan kesesuaian antar-yurisdiksi”

Ø  Tujuan pengungkapan akuntansi dalam pasar ekuitas
1.      Untuk memastikan bahwa pemegang saham menerima informasi lengkap, berkala dan akurat.
2.      Untuk mengevaluasi kinerja dan prospek keuangan
3.      Untuk meningkatkan kepercayaan investor
4.      Untuk memahami bagian-bagian perusahaan

Ø  Praktik pengungkapan keuangan perusahaan dalam berbagai aspek
1.      Pengungkapan informasi progresif
Adalah pertimbangan tinggi yang relevan di dalam kesetaraan pasar dunia. Istilah informasi progresif meliputi :
a.       Perkiraan pendapatan, laba (rugi), arus kas, pengeluaran modal dan hal-hal keuangan lainnya.
b.      Tujuan informasi mengenai kinerja dan posisi ekonomi  dimasa depan yang tidak menentu daripada perkiraan menyangkut proyek, periode fiscal dari proyek jumlah
c.       Laporan program dan sasaran manajemen untuk usaha masa depan




2.      Pengungkapan segmen
Investor dan analisis menuntut informasi hasil perusahaan industry dan segmen geografis usaha dan keuangan signifikan dan berkemabang. Pengungkapan segmen lebih membantu pengguna laporan leuangan untuk memahami bagian0bagian perusahaan menata semuanya. Pemisahan jalur usaha dan area geografis harus membuat penilaian yang lebih terpapar tentang keseluruhan perusahaan.

3.      Pelaporan pertanggungjawaban sosial
Laporan pertanggungjawaban social mengacu pada pengukuran dan komunikasi informasi tentang pengaruh perusahaan terhadap kemakmuran pegawai, komunitas social dan lingkuungan. Hal ini mencerminkan sebuah kepercayaan bahwa perusahaan bergantung pada pemegang saham dalam laporan tahunan kinerja terhadap lingkungan dan social mereka seperti halnya laporan keuangan yang mereka berikan pada pemegang saham.

4.      Pengungkapan khusus bagi pengguna laporan keuangan non domestic
Laporan tahunan bisa meliputi pengungkapan khusus untuk mengakomodasi pengguna laporan keuangan non domestic. Pengungkapan tersebut meliputi :
a.       “Laporan ulang yang mudah”  tentang informasi keuangan ke dalam mata uang asing
b.      Pembahasan perbedaan antara prinsip akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan utama dan beberapa ketetapan prinsip akuntansi lainnya.
c.       Posisi dan laporan keuangan ulang terbayas diketetapan standar akuntansi yang kedua
d.      Sebuah laporan keuangan lengkap disiapkan yang berhubungan dengan ketetapan prinsip akuntansi kedua

5.      Pengungkapan pengelolaan perusahaan
Pengelolaan perusahaan berhubungan dengan sarana internal dimana perusahaan dijalankan atau dikendalikan-tanggung jawab, akuntabilitas hubungan diantara pemegang saham, anggota direksi dan manajer yang disusun supaya mencapai sasaran perusahaan. Komponen rancangan kerja adalah infrastruktur pasar, lingkungan bukum, lingkungan peraturan, infrastruktur informasi.

6.      Pengungkapan dan laporan bisnis dan internet
Web bisa digunakan untik penyebaran informasi interaktif yang tidak serupa dengan media cetak. Investor sering menggunakan web untuk berdagang dan mengambil keputusan investasi modal, dan menggunakan web sebagai sebuah sarana informasi penting.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar